Wednesday 20 June 2007

Es Campur Kacang Merah


Maksud hati pengen bikin es kacang merah seperti di sini tapi setelah dilihat bahan-bahannya kok kurang berserat ya?! Pengennnya ga cuma dessert yang segar dan enak tapi juga berserat supaya pencernaan lancar gitu lho. Jadinya kacang merah dicampur sama potongan agar-agar plus buah cherry. Trus takarannya pake kira-kira aja (sesuka hati). Karena ga cuma kacang merah dan resepnya udah dimodifikasi jadi namanya berubah juga. Es campur kacang merah, suegeeerrr lhoo....

Bahan :
Kacang merah
2 cm kayu manis batangan
Air untuk merebus secukupnya
Gula pasir secukupnya
Susu cair rasa strawbery (saya pake ichigo ore)
Potongan agar-agar rasa pandan
Potongan agar-agar coklat (warna coklatnya saya pake mugicha, pengganti cincau hitam)
Buah cherry segar secukupnya (bisa diganti buah lain juga)

Pelengkap : Es serut secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus kacang merah yang sebelumnya sudah direndam (saya rendam selama 3 jam). Rebus sampai empuk bersama kayu manis.
2. Setelah itu tambahkan gula pasir, rebus lagi sampai air tinggal sedikit.
3. Siapkan gelas atau mangkuk, tata kacang merah, potongan agar-agar dan buah cherry. Tambahkan susu cair rasa strawbery dan es serut.
4. Kalo suka lebih manis bisa ditambahkan syrup frambozen atau cocopandan.


Note: Saya ga pake es serut supaya stamina tetap fit selama musim panas. Soalnya tenggorokan saya sering radang kalo minum es.

No comments: