Monday 20 October 2008

(A Tribute to Ruri) Tahu Telur

Sebenarnya saya tidak terlalu kenal mbak Ruri (salah satu moderator milist NCC) secara prsonal. Hanya thau lewat milist. Tapi isi blognya udah berulangkali saya datangi. Di blognya terdapat resep dan tips baking/masakan yang bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya.

Setelah sekian lama berjuang melawan penyakitnya, akhirnya beliau dipanggil yang kuasa awal Agustus'08 lalu. Semoga almarhumah diampuni segala dosanya, diberi pahala yang berlipat ganda atas sgala ilmu yang telah diajarkan/disebarkan serta diberikan tempat yang layak di sisiNya.
*****

Berikut ini salah satu resep praktis peninggalan mbak Ruri yang saya coba. Bahannya mudah didapat, gampang dibuat serta rasanya juga sedap dan segar ...! Resepnya saya modifikasi sedikit, sesuai selera penikmat tetap masakan saya ;)


Tahu Telur

Bahan :
1 buah tahu putih (saya pake momen tofu)
3 butir telur
100 gr toge, dibersihkan, bilas dgn air hangat
Seledri secukupnya, diiris
1 sdm bawang goreng
garam-merica secukupnya
Sambal kecap :
3 siung bawang putih, dihaluskan
5 butir cabe merah, dihaluskan (saya pake 3 aja, takut kepedasan)
1 sdt gula merah
5 sdm kecap manis


Cara membuat :
1. Tahu dipanaskan dengan microwave/renji selama 8 menit, lalu diamkan selama satu jam agar airnya keluar. Soalnya tofu di Jepang terlalu berair, bikin lembek.
2. Sementara itu buat sambal kecap. Campur semua bahan, aduk rata. Sisihkan.
3. Telur dikocok lepas, tambahkan garam dan sedikit merica.
4. Potong tahu bentuk dadu kecil, masukkan ke dalam kocokan telur. Lalu masak seperti telur dadar. Setelah matang, angkat dan potong-potong sesuai selera.
5. Susun dadar tahu telur di piring saji, taburi atasnya dengan toge, siram sambal kecap dan taburi dengan irisan seledri dan bawnag goreng.
6. Segera dinikmati. Hmmm... sedap!!

No comments: