Monday 1 December 2008

Oseng Labu Siam


Labu siam memang tidak selalu ada jualnya di supermarket tapi selama musim gugur kemarin ada supermarket yang menjualnya kok. Orang Jepang sendiri kayaknya tidak familiar dengan sayur ini. Buat saya, karena jarang ketemu jadinya kalo pas ada langsung dibeli. Pengennya dibikin lontong sayur tapi lagi tidak mood bikin lontongnya. Ya sudah, dioseng aja yang masaknya gampang. Takaran bahannya sesuaikan dengan selera masing-masing ya...

Bahan :
Labu siam, dikupas lalu diiris seperti korek (atau sesuai selera)
Udang kupas/cumi, optional
Bawang putih, dimemarkan lalu diiris
Bawang merah/bombay, diiris
Cabe merah, diiris serong
Lengkuas, dimemarkan
Daun salam, optional
Asam, sedikit aja
Kecap ikan, optional
Gula - garam secukupnya
Sedikit air
Minyak untuk menumis


Cara membuat :
1. Tumis bawang putih, bawang merah/bombay dan irisan cabe sampai wangi.
2. Masukkan lengkuas, daun salam dan udang/cumi lalu aduk rata.
3. Tambahkan sedikit air, biarkan sampai mendidih.
4. Masukkan irisan labu siam. Aduk rata.
5. Tambahkan asam, gula, garam dan kecap ikan.
6. Masak sampai matang lalu angkat.

5 comments:

Anonymous said...

Hai...
Walaupun saya bukan penggemar masak.. hanya menikmati makanan saja :)
tapi menurut saya blog anda unik.. untuk itu ijinkan saya untuk add link anda di blog saya...

Jika ada waktu mohon mampir ke blog saya...

lucuna said...

mbak shinta,kok sama hari ini menunya oseng labu siam...tapi sayangnya aku ga foto...jd ga diposting deh...
aku tunggu masak bareng bln desember ini yah...:)

Anisa said...

disini juga lagi musim nih labu siam/jepan. Kalau saya biasa saya bikin lodeh. kapan2 bisa donk dicoba oseng.

Shinta Octaviani said...

Mr.D salam kenal.. :) Makasih sudah link dapur ini ya.

Tanti, labu siam kadang emang bikin kangen. I'm glad you'll join "Masak Bareng Event".

mbak Nisa, Desember gini labu siamnya malah dah ga ada yg jual. Mau deh, kalo dikirimin dari Saga ;)

Mimi said...

senangnya ketemu juga niy resep :p
aku nyontek ya mbak shinta..dikasi tau ama mr.google tadi ;)

salam kenal dari aku ya hehe