Friday 3 April 2009

Roti Jala

Roti jala ini saya buat untuk teman makan kari daging kemarin. Ya buat selingan selain nasi gitu lho. Resepnya dapat nyontek di AG's food. Matur nuwun mbak Ayin. Saya bikin setengah resep aja. Trus awalnya, adonan saya masukkan ke plastik biasa tapi ternyata agak susah waktu membuat bentuk jala. Akhirnya saya pake piping bag, dan rasanya gerakan tangan jadi lebih luwes.

Berikut saya tulis ulang resepnya dengan sedikit modifikasi.

Bahan :
2 cup (350 gr) terigu
2 butir telur
400 ml santan, saya campur susu cair
250 ml air
1 sdt garam
1/2 sdt kunyit bubuk, saya ga pake
2 sdm katakuriko / tepung kanji
2 sdm salad oil, biar ga sering-sering mengoles wajan
Minyak untuk mengoles wajan.

Cara membuat :
1. Kocok telur, kunyit bubuk dan garam dengan whisker, masukkan santan aduk rata.
2. Ayak terigu dan tepung kanji, masukkan ke kocokan telur tadi.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk kalau perlu disaring supaya ga brindil-brindil. Tambahkan salad oil, aduk rata.
4. Panaskan wajan datar, olesi sedikit minyak.
5. Masukkan adonan ke loyang roti jala lalu gerakkan/putar-putar loyang di atas wajan. Kalo pake kantong plastik/piping bag, bolongin ujungnya lalu semprotkan ke wajan sambil diputar-putar agar terbentuk motif jala. Biarkan hingga pinggirnya agak mengering lalu angkat.
6. Lipat roti jala, nikmati dengan kari/gulai.

5 comments:

umi rina said...

Wah...wah.... yang baru sehat, sempet2nya bikin roti jala...hebat!!! :)

Nggak nolak lho kalo dikirim ke 31-805...:D

Kanjeng Ragil said...

Selalu ada resep baru ya ? Hebat Ibu yang satu ini.

Judith said...

Ketok nyammi Roti Jala nya Jeng :D jadi inget Shahrukh Khan, lho..*?#@*

Shinta Octaviani said...

mbak Rina, justru bikin roti jala biar tetap mau makan. Soalnya kalo ga makan, ntar sakitnya bisa berlanjut. Gawat kan?!

Kanjeng ragil, terima kasih udah mampir ya.. dan salam kenal.

mbak Judith, hehehehe... India he :D

pasang iklan baris tanpa daftar said...

wah bu salam kenal ya,
saya suka baca resep2 ibu
terima kasih