Tuesday 2 August 2016

Serabi Pandan Mini Kuah Kinca

Pengen bikin serabi tapi tidak punya loyangnya?? Sama dong dengan saya. Hehehe...
Saya memanfaatkan loyang kue lumpur. Loyang kue lumpur ga punya juga?? Ya sudah, pesan aja sama saya. Serabinya enak dan harga bersahabat ;)

Suami saya penyuka serabi. Biasanya kalau hari libur atau akhir pekan kami selalu jajan serabi. Namun beberapa tahun terakhir ini, penjual serabi langganan kami pindah ga tahu kemana. Karena tempat mangkalnya dibangun menjadi mall. Baru-baru ini kami menemukan penjual serabi baru. Hanya saja adonannya terlalu kenyal. Tidak seperti serabi yang biasa kami makan.

Browsing sana-sini akhirnya saya menemukan resep serabi milik ibu Malka. Resepnya saya modif sedikit dengan menambahkan garam agar serabinya jadi gurih. Ayoo Dicoba yuuk... atau kalau ga sempat bikin sendiri, saya terima order lho. Khusus untuk daerah Cibinong ya.

Bahan serabi :
175 gr tepung beras
25 gr tepung terigu protein rendah
1 sdm munjung gula pasir
1 sdt yeast / ragi instant
2 butir telur ukuran kecil
500 ml santan sedang hangat (2 santan kara @ 65 gr + air hangat)
1 tetes pandan pasta
1 sdt garam halus

Bahan kuah kinca :
500 ml santan sedang
100 gr gula merah disisir
1/2 sdt garam halus
1 lembar daun pandan
1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air.

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Masukkan telur, aduk rata sambil menambahkan santan hangat lalu pandan pasta. Aduk rata hingga menjadi adonan yang halus tanpa bindil-bindil, bila perlu disaring.
2. Diamkan selama 90 menit atau hingga berbusa. Saat saya membuat adonan ini, 70 menit sudah berbusa. Jadi setelah didiamkan selama 60 menit harus diperiksa sudah berbusa atau belum. Karena kalau terlalu lama didiamkan akan terjadi over fermentasi (busa terlalu banyak), adonan menjadi agak asam.
3. Bila sudah berbusa, terakhir tambahkan garam halus dan aduk rata.
4. Panaskan cetakan, olesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan hingga 3/4 cetakan, tunggu hingga berpori lalu tutup. Masak hingga matang dengan api kecil saja.
5. Kuah kinca : masak semua bahan hingga gula larut dan meletup-letup. Aduk agar santannya tidak pecah. Angkat, biarkan dingin. Sajikan serabi dengan kuah kinca.

No comments: